Wanita bercadar seringkali diidentikkan dengan
orang arab atau timur-tengah. Padahal memakai cadar atau menutup wajah bagi
wanita adalah ajaran Islam yang didasari dalil-dalil Al Qur’an, hadits-hadits
shahih serta penerapan para sahabat Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam serta para
ulama yang mengikuti mereka. Sehingga tidak benar anggapan bahwa hal tersebut
merupakan sekedar budaya Timur-Tengah.
Berikut ini sengaja kami bawakan
pendapat-pendapat para ulama salaf, tanpa menyebutkan pendalilan mereka, untuk
membuktikan bahwa pembahasan ini tertera dan dibahas secara gamblang dalam
kitab-kitab fiqih 4 madzhab. Lebih lagi, ulama 4 madzhab semuanya menganjurkan
wanita muslimah untuk memakai cadar, bahkan sebagiannya sampai kepada anjuran
wajib. Beberapa penukilan yang disebutkan di sini hanya secuil saja, karena
masih banyak lagi penjelasan-penjelasan serupa dari para ulama madzhab.
Madzhab Hanafi
Pendapat madzhab Hanafi, wajah wanita bukanlah aurat, namun memakai cadar hukumnya sunnah (dianjurkan) dan menjadi wajib jika dikhawatirkan menimbulkan fitnah.
* Asy Syaranbalali berkata:
وجميع بدن الحرة عورة إلا وجهها وكفيها باطنهما وظاهرهما في الأصح ، وهو
المختار
“Seluruh tubuh wanita adalah aurat
kecuali wajah dan telapak tangan dalam serta telapak tangan luar, ini pendapat
yang lebih shahih dan merupakan pilihan madzhab kami“ (Matan Nuurul Iidhah)
* Al Imam Muhammad ‘Alaa-uddin berkata:
وجميع بدن الحرة عورة إلا وجهها وكفيها ، وقدميها في رواية ، وكذا صوتها،
وليس بعورة على الأشبه ، وإنما يؤدي إلى الفتنة ، ولذا تمنع من كشف وجهها بين الرجال
للفتنة
“Seluruh badan wanita adalah aurat
kecuali wajah dan telapak tangan dalam. Dalam suatu riwayat, juga telapak
tangan luar. Demikian juga suaranya. Namun bukan aurat jika dihadapan sesama
wanita. Jika cenderung menimbulkan fitnah, dilarang menampakkan wajahnya di
hadapan para lelaki” (Ad Durr Al Muntaqa, 81)
* Al Allamah Al Hashkafi berkata:
والمرأة كالرجل ، لكنها تكشف وجهها لا رأسها ، ولو سَدَلَت شيئًا عليه
وَجَافَتهُ جاز ، بل يندب
“Aurat wanita dalam shalat itu seperti
aurat lelaki. Namun wajah wanita itu dibuka sedangkan kepalanya tidak. Andai
seorang wanita memakai sesuatu di wajahnya atau menutupnya, boleh, bahkan
dianjurkan” (Ad Durr Al Mukhtar, 2/189)
* Al Allamah Ibnu Abidin berkata:
تُمنَعُ من الكشف لخوف أن يرى الرجال وجهها فتقع الفتنة ، لأنه مع الكشف
قد يقع النظر إليها بشهوة
“Terlarang bagi wanita menampakan
wajahnya karena khawatir akan dilihat oleh para lelaki, kemudian timbullah
fitnah. Karena jika wajah dinampakkan, terkadang lelaki melihatnya dengan
syahwat” (Hasyiah ‘Alad Durr Al Mukhtaar, 3/188-189)
* Al Allamah Ibnu Najiim berkata:
قال مشايخنا : تمنع المرأة الشابة من كشف وجهها بين الرجال في زماننا للفتنة
“Para ulama madzhab kami berkata bahwa
terlarang bagi wanita muda untuk menampakkan wajahnya di hadapan para lelaki di
zaman kita ini, karena dikhawatirkan menimbulkan fitnah” (Al Bahr Ar Raaiq, 284)
Beliau berkata demikian di zaman beliau,
yaitu beliau wafat pada tahun 970 H, bagaimana dengan zaman kita sekarang?
Madzhab Maliki
Mazhab Maliki berpendapat bahwa wajah wanita bukanlah aurat, namun memakai cadar hukumnya sunnah (dianjurkan) dan menjadi wajib jika dikhawatirkan menimbulkan fitnah. Bahkan sebagian ulama Maliki berpendapat seluruh tubuh wanita adalah aurat.
* Az Zarqaani berkata:
وعورة الحرة مع رجل أجنبي مسلم غير الوجه والكفين من جميع جسدها ، حتى
دلاليها وقصَّتها . وأما الوجه والكفان ظاهرهما وباطنهما ، فله رؤيتهما مكشوفين ولو
شابة بلا عذر من شهادة أو طب ، إلا لخوف فتنة أو قصد لذة فيحرم ، كنظر لأمرد ، كما
للفاكهاني والقلشاني
“Aurat wanita di depan lelaki muslim
ajnabi adalah seluruh tubuh selain wajah dan telapak tangan. Bahkan suara
indahnya juga aurat. Sedangkan wajah, telapak tangan luar dan dalam, boleh
dinampakkan dan dilihat oleh laki-laki walaupun wanita tersebut masih muda baik
sekedar melihat ataupun untuk tujuan pengobatan. Kecuali jika khawatir timbul
fitnah atau lelaki melihat wanita untuk berlezat-lezat, maka hukumnya haram,
sebagaimana haramnya melihat amraad. Hal ini juga diungkapkan oleh Al
Faakihaani dan Al Qalsyaani” (Syarh Mukhtashar Khalil, 176)
* Ibnul Arabi berkata:
والمرأة كلها عورة ، بدنها ، وصوتها ، فلا يجوز كشف ذلك إلا لضرورة ، أو
لحاجة ، كالشهادة عليها ، أو داء يكون ببدنها ، أو سؤالها عما يَعنُّ ويعرض عندها
“Wanita itu seluruhnya adalah aurat. Baik
badannya maupun suaranya. Tidak boleh menampakkan wajahnya kecuali darurat atau
ada kebutuhan mendesak seperti persaksian atau pengobatan pada badannya, atau
kita dipertanyakan apakah ia adalah orang yang dimaksud (dalam sebuah
persoalan)” (Ahkaamul Qur’an, 3/1579)
* Al Qurthubi berkata:
قال ابن خُويز منداد ــ وهو من كبار علماء المالكية ـ : إن المرأة اذا
كانت جميلة وخيف من وجهها وكفيها الفتنة ، فعليها ستر ذلك ؛ وإن كانت عجوزًا أو مقبحة
جاز أن تكشف وجهها وكفيها
“Ibnu Juwaiz Mandad – ia adalah ulama
besar Maliki – berkata: Jika seorang wanita itu cantik dan khawatir wajahnya
dan telapak tangannya menimbulkan fitnah, hendaknya ia menutup wajahnya. Jika
ia wanita tua atau wajahnya jelek, boleh baginya menampakkan wajahnya” (Tafsir Al Qurthubi, 12/229)
* Al Hathab berkata:
واعلم أنه إن خُشي من المرأة الفتنة يجب عليها ستر الوجه والكفين . قاله
القاضي عبد الوهاب ، ونقله عنه الشيخ أحمد زرّوق في شرح الرسالة ، وهو ظاهر التوضيح
“Ketahuilah, jika dikhawatirkan terjadi
fitnah maka wanita wajib menutup wajah dan telapak tangannya. Ini dikatakan
oleh Al Qadhi Abdul Wahhab, juga dinukil oleh Syaikh Ahmad Zarruq dalam Syarhur
Risaalah. Dan inilah pendapat yang lebih tepat” (Mawahib Jaliil, 499)
* Al Allamah Al Banaani, menjelaskan pendapat Az Zarqani di atas:
وهو الذي لابن مرزوق في اغتنام الفرصة قائلًا : إنه مشهور المذهب ، ونقل
الحطاب أيضًا الوجوب عن القاضي عبد الوهاب ، أو لا يجب عليها ذلك ، وإنما على الرجل
غض بصره ، وهو مقتضى نقل مَوَّاق عن عياض . وفصَّل الشيخ زروق في شرح الوغليسية بين
الجميلة فيجب عليها ، وغيرها فيُستحب
“Pendapat tersebut juga dikatakan oleh
Ibnu Marzuuq dalam kitab Ightimamul Furshah, ia berkata: ‘Inilah pendapat yang
masyhur dalam madzhab Maliki’. Al Hathab juga menukil perkataan Al Qadhi Abdul
Wahhab bahwa hukumnya wajib. Sebagian ulama Maliki menyebutkan pendapat bahwa
hukumnya tidak wajib namun laki-laki wajib menundukkan pandangannya. Pendapat
ini dinukil Mawwaq dari Iyadh. Syaikh Zarruq dalam kitab Syarhul Waghlisiyyah
merinci, jika cantik maka wajib, jika tidak cantik maka sunnah” (Hasyiyah ‘Ala Syarh Az Zarqaani, 176)
Madzhab Syafi’i
Pendapat madzhab Syafi’i, aurat wanita di depan lelaki ajnabi (bukan mahram) adalah seluruh tubuh. Sehingga mereka mewajibkan wanita memakai cadar di hadapan lelaki ajnabi. Inilah pendapat mu’tamad madzhab Syafi’i.
* Asy Syarwani berkata:
إن لها ثلاث عورات : عورة في الصلاة ، وهو ما تقدم ـ أي كل بدنها ما سوى
الوجه والكفين . وعورة بالنسبة لنظر الأجانب إليها : جميع بدنها حتى الوجه والكفين
على المعتمد وعورة في الخلوة وعند المحارم : كعورة الرجل »اهـ ـ أي ما بين السرة والركبة
ـ
“Wanita memiliki tiga jenis aurat, (1)
aurat dalam shalat -sebagaimana telah dijelaskan- yaitu seluruh badan kecuali
wajah dan telapak tangan, (2) aurat terhadap pandangan lelaki ajnabi, yaitu
seluruh tubuh termasuk wajah dan telapak tangan, menurut pendapat yang
mu’tamad, (3) aurat ketika berdua bersama yang mahram, sama seperti laki-laki,
yaitu antara pusar dan paha” (Hasyiah Asy Syarwani ‘Ala Tuhfatul Muhtaaj,
2/112)
* Syaikh Sulaiman Al Jamal berkata:
غير وجه وكفين : وهذه عورتها في الصلاة . وأما عورتها عند النساء المسلمات
مطلقًا وعند الرجال المحارم ، فما بين السرة والركبة . وأما عند الرجال الأجانب فجميع
البدن
“Maksud perkataan An Nawawi ‘aurat wanita
adalah selain wajah dan telapak tangan’, ini adalah aurat di dalam shalat.
Adapun aurat wanita muslimah secara mutlak di hadapan lelaki yang masih mahram
adalah antara pusar hingga paha. Sedangkan di hadapan lelaki yang bukan mahram
adalah seluruh badan” (Hasyiatul Jamal Ala’ Syarh Al Minhaj,
411)
* Syaikh Muhammad bin Qaasim Al Ghazzi, penulis Fathul Qaarib, berkata:
وجميع بدن المرأة الحرة عورة إلا وجهها وكفيها ، وهذه عورتها في الصلاة
، أما خارج الصلاة فعورتها جميع بدنها
“Seluruh badan wanita selain wajah dan
telapak tangan adalah aurat. Ini aurat di dalam shalat. Adapun di luar shalat,
aurat wanita adalah seluruh badan” (Fathul Qaarib, 19)
* Ibnu Qaasim Al Abadi berkata:
فيجب ما ستر من الأنثى ولو رقيقة ما عدا الوجه والكفين . ووجوب سترهما
في الحياة ليس لكونهما عورة ، بل لخوف الفتنة غالبًا
“Wajib bagi wanita menutup seluruh tubuh
selain wajah telapak tangan, walaupun penutupnya tipis. Dan wajib pula menutup
wajah dan telapak tangan, bukan karena keduanya adalah aurat, namun karena
secara umum keduanya cenderung menimbulkan fitnah” (Hasyiah Ibnu Qaasim ‘Ala Tuhfatul Muhtaaj, 3/115)
* Taqiyuddin Al
Hushni, penulis Kifaayatul Akhyaar, berkata:
ويُكره أن يصلي في ثوب فيه صورة وتمثيل ، والمرأة متنقّبة إلا أن تكون
في مسجد وهناك أجانب لا يحترزون عن النظر ، فإن خيف من النظر إليها ما يجر إلى الفساد
حرم عليها رفع النقاب
“Makruh hukumnya shalat dengan memakai
pakaian yang bergambar atau lukisan. Makruh pula wanita memakai niqab (cadar)
ketika shalat. Kecuali jika di masjid kondisinya sulit terjaga dari pandnagan
lelaki ajnabi. Jika wanita khawatir dipandang oleh lelaki ajnabi sehingga
menimbulkan kerusakan, haram hukumnya melepaskan niqab (cadar)” (Kifaayatul Akhyaar, 181)
Madzhab Hambali
* Imam Ahmad bin
Hambal berkata:
كل شيء منها ــ أي من المرأة الحرة ــ عورة حتى الظفر
“Setiap bagian tubuh wanita adalah aurat,
termasuk pula kukunya” (Dinukil dalam Zaadul Masiir, 6/31)
* Syaikh Abdullah
bin Abdil Aziz Al ‘Anqaari, penulis Raudhul Murbi’, berkata:
« وكل الحرة البالغة عورة حتى ذوائبها ، صرح به في الرعاية . اهـ إلا وجهها فليس
عورة في الصلاة . وأما خارجها فكلها عورة حتى وجهها بالنسبة إلى الرجل والخنثى وبالنسبة
إلى مثلها عورتها ما بين السرة إلى الركبة
“Setiap bagian tubuh wanita yang baligh
adalah aurat, termasuk pula sudut kepalanya. Pendapat ini telah dijelaskan
dalam kitab Ar Ri’ayah… kecuali wajah, karena wajah bukanlah aurat di dalam
shalat. Adapun di luar shalat, semua bagian tubuh adalah aurat, termasuk pula
wajahnya jika di hadapan lelaki atau di hadapan banci. Jika di hadapan sesama
wanita, auratnya antara pusar hingga paha” (Raudhul Murbi’,
140)
* Ibnu Muflih berkata:
« قال أحمد : ولا تبدي زينتها إلا لمن في الآية ونقل أبو طالب :ظفرها عورة ،
فإذا خرجت فلا تبين شيئًا ، ولا خُفَّها ، فإنه يصف القدم ، وأحبُّ إليَّ أن تجعل لكـمّها
زرًا عند يدها
“Imam Ahmad berkata: ‘Maksud ayat
tersebut adalah, janganlah mereka (wanita) menampakkan perhiasan mereka kecuali
kepada orang yang disebutkan di dalam ayat‘. Abu Thalib menukil penjelasan dari
beliau (Imam Ahmad): ‘Kuku wanita termasuk aurat. Jika mereka keluar, tidak
boleh menampakkan apapun bahkan khuf (semacam kaus kaki), karena khuf itu masih
menampakkan lekuk kaki. Dan aku lebih suka jika mereka membuat semacam kancing
tekan di bagian tangan’” (Al Furu’, 601-602)
* Syaikh Manshur bin
Yunus bin Idris Al Bahuti, ketika menjelaskan matan Al Iqna’ , ia
berkata:
« وهما » أي : الكفان . « والوجه » من الحرة البالغة « عورة خارجها » أي الصلاة
« باعتبار النظر كبقية بدنها »
“’Keduanya, yaitu dua telapak tangan dan wajah adalah aurat di luar shalat karena adanya pandangan, sama seperti anggota badan lainnya” (Kasyful Qanaa’, 309)
* Syaikh Muhammad
bin Shalih Al Utsaimin berkata:
القول الراجح في هذه المسألة وجوب ستر الوجه عن الرجال الأجانب
“Pendapat yang kuat dalam masalah ini
adalah wajib hukumnya bagi wanita untuk menutup wajah dari pada lelaki ajnabi”.
CADAR ADALAH BUDAYA
ISLAM
Dari pemaparan di atas, jelaslah bahwa
memakai cadar (dan juga jilbab) bukanlah sekedar budaya Timur-Tengah, namun
budaya Islam dan ajaran Islam yang sudah diajarkan oleh para ulama Islam
sebagai pewaris para Nabi yang memberikan pengajaran kepada seluruh umat Islam,
bukan kepada masyarakat timur-tengah saja. Jika memang budaya Islam ini sudah
dianggap sebagai budaya lokal oleh masyarakat timur-tengah, maka tentu ini
adalah perkara yang baik. Karena memang demikian sepatutnya, seorang muslim
berbudaya Islam.
Diantara bukti lain bahwa cadar (dan juga
jilbab) adalah budaya Islam :
1. Sebelum turun ayat yang memerintahkan
berhijab atau berjilbab, budaya masyarakat arab Jahiliyah adalah menampakkan
aurat, bersolek jika keluar rumah, berpakaian seronok atau disebut dengan
tabarruj. Oleh karena itu Allah Ta’ala berfirman:
وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ
الْأُولَىٰ
“Hendaknya kalian (wanita muslimah), berada
di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian ber-tabarruj sebagaimana yang
dilakukan wanita jahiliyah terdahulu” (QS. Al Ahzab: 33)
Sedangkan, yang disebut dengan jahiliyah
adalah masa ketika Rasulullah Shallalahu’alihi Wasallam belum di utus. Ketika
Islam datang, Islam mengubah budaya buruk ini dengan memerintahkan para wanita
untuk berhijab. Ini membuktikan bahwa hijab atau jilbab adalah budaya yang
berasal dari Islam.
2. Ketika turun ayat hijab, para wanita
muslimah yang beriman kepada Rasulullah Shallalahu’alaihi Wasallam seketika itu
mereka mencari kain apa saja yang bisa menutupi aurat mereka. ‘Aisyah
Radhiallahu’anha berkata:
مَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ ( وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ
) أَخَذْنَ أُزْرَهُنَّ فَشَقَّقْنَهَا مِنْ قِبَلِ الْحَوَاشِي فَاخْتَمَرْنَ بِهَا
“(Wanita-wanita Muhajirin), ketika turun
ayat ini: “Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dada (dan leher)
mereka.” ( An Nuur: 31), mereka merobek selimut mereka lalu mereka berkerudung
dengannya.” (HR. Bukhari 4759). Menunjukkan bahwa sebelumnya mereka tidak
berpakaian yang menutupi aurat-aurat mereka sehingga mereka menggunakan kain
yang ada dalam rangka untuk mentaati ayat tersebut.
Singkat kata, para ulama sejak dahulu
telah membahas hukum memakai cadar bagi wanita. Sebagian mewajibkan, dan sebagian
lagi berpendapat hukumnya sunnah (muakadah). Tidak ada diantara mereka yang
mengatakan bahwa pembahasan ini hanya berlaku bagi wanita muslimah arab atau
timur-tengah saja. Sehingga tidak benar bahwa memakai cadar itu aneh, ekstrim,
berlebihan dalam beragama, atau ikut-ikutan budaya negeri arab.
Wallahu a’lam.
No comments:
Post a Comment